Blogger news

12.04.2012

BERITA, HOAX BEASISWA UNTUK ANAK YATIM

COPAS

Hati-hati, broadcast beasiswa untuk anak yatim piatu hoax

Reporter : Henny Rachma Sari
Kamis, 29 November 2012 15:06:38 anak SD. ©2012 Merdeka.com/dwinarwoko
152
 


Belakangan beredar pesan yang berisi dicari anak yatim piatu berusia 3-10 tahun untuk diberikan beasiswa hingga sarjana. Pesan ini menimbulkan reaksi yang cukup cepat dari masyarakat dan diteruskan melalui blackberry messenger.
Namun, Kepolisian Daerah Metro Jaya menegaskan berita tersebut hoax atau tidak benar. Masyarakat diminta untuk tidak mudah percaya jika ada iming-iming seperti itu.
"Itu hoax ya. Jangan mudah percaya kalau ada suatu hal yang menjurus ke arah situ (iming-iming beasiswa)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (29/11).
Dikhawatirkan, lanjut Rikwanto, hal tersebut merupakan modus tindak kejahatan trafficking atau penjualan anak. Namun, jika memang masyarakat ingin mengikutsertakan seseorang dalam ajang pencarian anak yatim piatu tersebut, Rikwanto menyarankan untuk melakukan kroscek di tempat-tempat yang dimaksud.
"Hingga saat ini belum ada laporan, namun akan diselidiki juga keabsahan alamat-alamat yang disebutkan," imbuh Rikwanto.
Berikut pesan yang tersebar luas ditengah masyarakat :
Beasiswa untuk anak yatim
Dicari anak yatim usia 3-10 tahun untuk diberikan beasiswa pendidikan sampai sarjana.
Syarat:
1. Foto close up 1 lbr
2. Surat Kematian Ayah (stempel kelurahan/ kades)
3. Copy Raport sekolah (SD)
4. Akte kelahiran/ Surat Tanda Lahir
5. Kartu Keluarga
6. Copy KTP Ibu kandung
(Bukan hanya untuk warga Jakarta).
Data softcopy dikirimkan melalui email akh.fif77@gmail.com atau hardcopy dikirim melalui pos ke Masjid Baitul Ilmi, Jalan Binawarga II, Kalibata, Jakarta Selatan. 12750.
UP. Sdr. Afif Qudratullah.
Data diterima s.d tanggal 10 Desember 2012.Sebarkan sebagai amal jariyah untuk masa depan.

0 komentar:

Post a Comment